Rabu, 08 Juli 2020

PENDEKATAN DISCOVERY

              PENGERTIAN PENDEKATAN DISCOVERY


    

Ditinjau dari arti katanya “discover” berarti menemukan dan “discovery” adalah penemuan. Menurut Sund, discovery adalah proses mental dimana siswa mampu mengasimilasikan suatu konsep atau prinsip (Roestiyah, 1998:20). Carin   ( 1985 ) menyatakan bahwa “ discovery” adalah suatu proses mental dimana anak atau individu mengasimilasi konsep dan prinsip-prinsip. Menurut Encyclopedia of Educational Research, penemuan merupakan suatu strategi yang unik dapat diberi bentuk oleh guru dalam berbagai cara, termasuk mengajarkan ketrampilan menyelidiki dan memecahkan masalah sebagai alat bagi siswa untuk mencapai tujuan pendidikannya. Robert. B menyatakan bahwa discovery adalah proses mental dimana anak atau individu mangasimilasi konsep dan prinsip (Ahmadi,Abu, 2005:76).


 Discovery termasuk ke dalam pendekatan konstrutivisme, dan termasuk ke dalam model pembelajaran kognitif. Pendekatan discovery merupakan pendekatan mengajar yang memerlukan proses mental seperti mengamati, mengukur, menggolongkan, menduga, menjelaskan dan mengambil kesimpulan (www. Pustekkom.dediknas.go.id).

Dengan demikian seorang guru dikatakan melakukan pendekatan discovery bila anak melihat menggunakan proses mentalnya dalam usaha menemukan konsep-konsep atau prinsip-prinsip. Proses mental yang dilakukan misalnya: mengamati, menggolongkan, mengukur, menduga dan mengambil keputusan (Ahmadi,Abu, 2005:76).

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"GEMINI" untuk Adiwiyata Provensi dan Implementasi Profil Pelajar Pancasila SDN Kebonsari 3:)

  GEMINI APA ITU???? Lahan yang luas di SDN Kebonsari 3 GEMINI  merupakan singkatan dari  Gerakan Menanam sejak Dini. Progam ini sebenarnya ...